Pengertian Paragraf atau Alinea

Pengertian Paragraf atau Alinea - Paragraf adalah kalimat yang terjalin secara utuh yang membahas satu topik atas satu permasalahan pokok. Paragraf hanya mengandung satu gagasan utama atau satu pokok pikiran. Gagasan utama dapat tersurat dalam sebuah kalimat atau tersirat pada keseluruhan paragraf. Kalimat yang memuat gagasan utama disebut kalimat utama yang dapat terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.

Pengertian Paragraf atau Alinea


Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibagi menjadi 4, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf campuran, dan paragraf deskriptif.

Contoh Paragraf

Anti Virus AVG adalah Anti virus buatan AVG Technologies yang menyediakan versi gratis atau free edition kepada konsumennya. Keunggulan antivirus ini adalah dapat melakukan link scanning yang bisa melindungi komputer anda saat melakukan browsing atau surfing di dunia maya, dan antivirus ini juga bisa diandalkan untuk menjaga komputer anda dari serangan program-program jahat seperti virus, malware, trojan dan saudara-saudara lainnya.

Post a Comment

Halaman

Copyright © 2018 Irfan's Blog