KartuNet Kampanye Aksesibilitas Tanpa Batas



KartuNet Kampanye Aksesibilitas Tanpa Batas - Hai sahabat.. Berhubung dengan diadakannya Kontes KartuNet Kampanye Aksesibilitas Tanpa Batas yang didukung oleh XLAxiata. Saya juga ikut berpartisipasi juga loh. Ini merupakan tulisanoriginal saya. Dan mudah-mudahan saya bisa menang dalam kompetisi ini. Namun,di dalam tulisan ini masih sangat banyak kekurangannya loh. Biasa, saya inikanjuga manusiawi dan saya masih duduk di bangku sekolah kelas XI yang semuaperbuatannya tidak selalu sempurna. Namun, saya selalu berusaha untuk menjadiyang sempurna.

Nah, sudah tidaksabar membacanya, tenang saja.
Ini dia tulisankecil saya tentang Aksesibilitas.

Aksesibilitasadalah suatu tingkat dimana seseorang dalam mencapai segala sesuatunya denganmudah untuk menikmati suatu pelayanan publik maupun terhadap lingkungan.Aksesibilitas ini juga erat hubungannya dengan seseorang yang menjadi penderitadisabilitas untuk menggunakan fasilitas umum seperti pengguna kursi roda yangharus bisa berjalan dengan mudahnya dan tidak terganggu untuk menikmatifasilitas publik, baik itu berjalan dengan mudah di trotoar maupun menggunakandan menikmati angkutan publik seperti Angkutan Kota (Angkot).

Disabilitasadalah sinonim dari kata “cacat” yang berarti bahwa terdapat kelainan padaseseorang yang tidak dimiliki oleh orang pada umumnya. Disabilitas memilikibanyak jenis, diantaranya adalah disabilitas fisik, disabilitas mental,disabilitas intelektual, disabilitas sensorik dan disabilitas perkembangan.Disabilitas bisa terjadi selama masa hidup seseorang atau sejak seseorangdilahirkan. 

Menurut saya,kenyamanan dan kemudahan dalam kehidupan merupakan salah satu hal mutlak yangharus dimiliki setiap manusia. Ya, hal itu sudah menjadi hak dan kewajiban yangdimiliki oleh setiap insan di seluruh dunia ini dimanapun mereka berada. Baikmanusia yang tumbuh secara sehat maupun yang terlahir disabilitas.

Tuhanmenciptakan semua manusia dalam keadaan yang sama, maksudnya adalah tidakmembedakan ciptaannya tersebut kecuali iman dan taqwa. Dan saya sangatbersyukur atas karunia Tuhan yang telah memberikan sejuta nikmat kepada saya.Karena, jika saya menjadi seseorang yang disabilitas (cacat), saya mungkinsangat kesusahan sekali menikmati fasilitas publik yang ada di negara Indonesiaini.
Justru dalam halfasilitas publik ini, seharusnya seseorang yang menjadi penderita disabilitasfasilitas publik harus sangat serius diperhatikan secara ekstra untukmemberikan kemudahan bagi mereka yang terkena disabilitas ini. Seperti yangsudah saya utarakan di atas seseorang yang menjadi penderita disabilitas iniharus menikmati semua pelayanan publik secara nyaman dan mudah, baik ituberjalan di trotoar dengan kursi roda maupun yang lainnya.

Namun, pada faktanyasemua fasilitas disabilitas yang ada di daerah saya yaitu di Kota Medan sangatminim sekali bahkan sampai sekarang saya belum pernah menemukan satu contohfasilitas untuk seseorang yang disabilitas.

Saya akanmemberikan salah satu contoh fasilitas publik yang menurut saya sangat penting.Apa itu? TROTOAR. Kenapa saya memilih trotoar? Ya, karena trotoar adalahfasilitas publik yang sangat sering digunakan untuk kepentingan umum. Apalagiseperti seseorang yang disabilitas, mungkin mereka sangat menginginkanfasilitas yang satu ini sangat nyaman untuk digunakan bagi mereka. Jangankanseseorang yang disabilitas, bahkan seseorang pejalan kaki yang normal tanpabantuan saja masih sangat khawatir untuk jalan diatas trotoar.

Saya punyabuktinya

  

Jalan H.M. Yamin


Jalan H.M. Yamin


Jalan H.M. Yamin











  
Foto-foto tersebut adalah foto asli yang saya ambil dari beberapa jalan di Kota Medan tepatnyadi Jalan H. M. Yamin. Lihatlah betapa buruknya pelayanan fasilitas publik yangsatu ini. Trotoar ini sudah beralih fungsi menjadi tempat para pedagangberjualan kaki lima, dan menjadi tempat parkir bagi pengguna sepeda motor.
Memang ada juga trotoar yang sangat laik namun coba deh anda lihat gimana bila misalnya mereka jalan dengan menggunakan kursi roda mereka. Sangat sulit bukan?

Sangat disayangkan bukan? Tapi inilah fakta yang ada. Cobalah anda bayangkan,bagaimana bisa seorang disabilitas berjalan diatas trotoar tersebut. Sayaberharap pemerintah menyediakan fasilitas khusus dan mempunyai program fasilitas umum secara khusus untuk seseorang yangdisabilitas untuk mempermudah mereka dalam menikmati fasilitas publik ini danberaktifitas sebagaimana mestinya.

Semoga saja pemerintah, masyarakat lingkungan sekitar dan untuk seluruh masyarakatIndonesia serta KartuNet yang mengadakan Kontes ini untuk senantiasa memberikanpelayanan yang nyaman tanpa batas untuk sesorang Disabilitas.

Terimakasihsudah membaca artikel saya ini. Mohon komentar dan kritiknya ya.




Kontes Blogging Kartunet Kampanye Aksesibilitas tanpa Batas

77 comments

  1. Makasih y min, ini membntu tugas saya :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Trimakasih, sudah berkomentar dan berkunjung :)

      Delete
    2. Kunjungi balik ya.

      Delete
  3. Buat optimasi, ane saranin buat memanfaatkan g + (dari google webamster, bila ada pengunjung yang menemukan blog anda dari google dan mengklik G+, akan mengimprove posisi anda di SERP). Semoga sukses buat kontes "KartuNet Kampanye Aksesibilitas Tanpa Batas"nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap :) G+ sudah terpasang :) trimakasih atas sarannya ya..

      Delete
    2. Iya, apa yang dikatakan Si Infokomik itu benar (y)

      Delete
    3. Wah salah satu masukan yang sangat bermanfaat nih..

      Delete
  4. hahaahaha, menjadi PR buat kita penerus bangsa mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, benar sekali mas..
      Ini menjadi PR kita sebagai generasi muda penerus bangsa kita ini..
      Trimakasih sudah berkunjung ya mas..

      Delete
    2. Semangat buat para penerus bangsa :D

      Delete
    3. Semangat Indonesiaku..

      Delete
  5. Postingan yang bagus mas, bisa buat nambah pengetahuan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan ini juga bisa sebagai motivasi kita agar selalu bersyukur :)

      Delete
    2. Yup, benar banget..

      Delete
  6. blognya sudah saya folloe dengan nama tentang IT , jika berkenan follow balik yah :)

    achmadrizali.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. ok gan postingannya, semoga apa yang agan utarakan ini mengetuk pintu hati pemerintah ...

    ReplyDelete
  8. Semoga saja ya dilihat pemerintah.

    Komen back
    http://wi4nto.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin amiin amiin...
      Semoga saja tulisan kecil ini dilihat dan dibaca oleh pemerintah kita.

      Delete
  9. wah,ikut kontes SEO juga gan ??
    moga menang yah ??

    ReplyDelete
  10. Ini benar-benar masalah yang sangat serius gan untuk Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, dan kita sebagai generasi penerus bangsa harus senantiasa saling tolong menolong juga gan :)

      Delete
    2. Semangat Indonesiaku ♥

      Delete
  11. Replies
    1. Ranking apa ya gan maksudnya? Ane gk ngerti -_-

      Delete
  12. moga menang kontes gan
    dan sukses trus buat blog nya
    http://akamaru-4rt.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Semoga menang ya sob kontes SEO nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, terimakasih atas doanya.. Semoga saya bisa menang :)

      Delete
  14. wahh, sama mas bro semenjak ada bupati baru, trotoar di jalanan kembali rusak dan padat kerena atifitas pedangang kaki 5, mantap mas bro artikelnya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tinggal daerah mana ya mas?

      Delete
    2. Nah, terus menurut mas gimana nih?

      Delete
  15. waahh kalo gini kamu pasti menang gan :D

    ReplyDelete
  16. Oke banget ni postingan. Semoga bisa teraplikasi yaa.

    ReplyDelete
  17. Ulasan yang sangat bagus sob.. moga menang deh... met berjuang yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
    2. Iya, ulasannya sangat menarik :)

      Delete
  18. Nice Article ^^
    Good Luck ya :)

    ReplyDelete
  19. Sukses kawan,, met berjuang yaa...

    ReplyDelete
  20. Wah, pemerintah kita harus lihat ini gan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar sekali. Ini suatu keadaan yang rumit buat kita semua.

      Delete
  21. makasih gan atas kunjunganya di blog saya http://enggarsikeren.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Sep mas infonya
    makasi bget ya

    ReplyDelete
  23. keren mas bro fotonya..

    kunjungan pertama saya nih mas ke blog mas bro

    Salam Sobatahu

    http://sobatahu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  24. Sangat keren tulisannya.....

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. Tulisan ini emang paling mantep dari yang lainnya ya..

      Delete
  26. Replies
    1. Saya sudah ikutan gan..

      Delete
    2. Wah, agan ketinggalan. Pendaftaran terakhir di tanggal 31 Maret 2013 kemarin..

      Delete
    3. Kontesnya sudah berakhir gan.
      Sekarangs edang proses penjurian..

      Delete
  27. Selamat sukses, moga menang :)

    ReplyDelete
  28. Blogwalking sob http://panca-hero.blogspot.com

    ReplyDelete
  29. Menarik sekali artikelnya,,,
    Sukses trus gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam sukses. Semoga kita bisa sukses sama-sama.

      Delete
  30. Artikelnya panjang bener.. sampek ngantuk neh bacanya sob :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Halaman

Copyright © 2018 Irfan's Blog