Alexa Traffic Rank


Alexa traffic dapat diartikan sebagai lalulintas Alexa. Lalulintas alexa ini maksudnya bagaimana perkembangan/lalulintas pengunjung ataupun peringkat suatu halaman web menurut versi alexa (www.alexa.com). Alexa dapat mendeteksi suatu website/blog walaupun kita tidak memberikan informasi ke alexa termasuk walaupun kita tidak memasang widget alexa traffic ini.

Apakah sebenarnya fungsi alexa traffic ini?
Dengan alexa traffic, seorang pengunjung dapat mengetahui dari mana website/blog kita dikunjungi (melalui mesin pencari ataupun situs lain), berapa lama rata-rata kunjungan per hari, berapa halaman website kita dikunjungi, kata kunci apa yang digunakan pengunjung pada mesin pencari sehingga menemukan situs kita, bagaimana peringkat web kita menurut versi alexa dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Apa bedanya memasang widget Alexa dengan tanpa memasangnya?
Sebagaimana yang penulis katakan di atas, bahwa walaupun kita tidak memasang widget Alexa, website/blog kita dapat dideteksi oleh Alexa, hanya saja menurut Alexa sendiri bahwa mereka menyadari bahwa peringkat web menurut Alexa tidak 100% akurat. Misalnya si A pengunjung websitenya rata-rata/hari adalah 1.000, kemudian si B pengunjung websitenya adalah 1.100/hari. si A memasang website widget Alexa traffic, kemungkinan peringkat web si A lebih baik dari si B, sebab web si A mungkin lebih cepat dideteksi oleh Alexa. Menurut Alexa, bahwa peringkat suatu website/blog yang mendekati akurat adalah yang paling dekat dengan 1. Jadi semakin jauh dengan 1 (peringkat 1), keakuratan semakin menurun, disinilah kita pentingnya memasang widget alexa traffic

Apa fungsi widget Alexa Traffic?
Salah satu fungsi yang paling mendasar adalah peringkat web kita. Seseorang akan langsung mengetahui berapa peringkat web kita menurut versi Alexa. Jika peringkat web kita bagus, orang akan lebih ingin memasang iklan pada web/blog kita dan tentunya tarif yang akan kita kenakan akan lebih besar. Mari kita perhatikan peringkat website www.naskah.net menurut  Alexa, seperti tampak pada gambar berikut:

Alexa Rank


Gambar di atas menunjukkan peringkat web/blog dari Irfan's Blog pada hari ini di seluruh dunia menurut versi Alexa. Jika ingin mengetahui bagaimana cara kerja widget alexa, kunjungi: 

Bagaimana Cara Memasang Widget Alexa?
Jika Anda tertarik ingin memasang widget Alexa, Anda dapat mengunjungi www.alexa.com atau langsung ke:  http://www.alexa.com/siteowners/widgets, dan akan tampak gambar sebagai berikut:

Alexa Rank


Gambar di atas adalah Alexa Traffic Widget (Alexa Site Stats Button), sebenarnya ada bagian kedua dan ketiga yakni Alexa Traffic Rank Button (tombol ranking lalulintas alexa) dan Alexa Traffic Graph (grafik lalu lintas Alexa, hanya saja penulis pada website ini hanya mencatumkan yang pertama. Perbedaan fungsi dari ketiganya adalah:
  1. Alexa Site Stats Button menanpilkan peringkat dan link in (tautan asal pengunjung)
  2. Alexa Traffic Rank Button hanya menampilkan peringkat tanpa menampilkan link in
  3. Alexa Traffic Graph hanya berfungsi jika peringkat web kita berada pada peringkat 100.000 hingga mendekati 1, di atas 100.000 widget ini tidak akan bekerja.

Dari gambar di atas masukkan website Anda pada kotak kiri tombol Build Widget, seperti tampak pada gambar berikut:

Alexa Rank


Klik Build Widget 

Pada gambar di atas ada 3 kode html/javascript dengan ukuran berbeda. Salah satu Kode HTML/javascript tersebut kita salin dan dipasang pada web/blog kita. Jika Anda menggunakan blogger/blogspot, silahkan log in ke akun blogger Anda lalu pilih Tata Letak/Design blog Anda, lalu pilih Add Widget (tambah widget) lalu pilih HTML/Javascript seperti tampak pada gambar berikut:

Kode HTML


Salin kode HTML/Javasript pada alexa lalu Simpan, selanjutnya lihat tampilannya pada web Anda.

13 comments

  1. Bagus gan, terus rapingkan Alexa Rank :)

    Mampir dan Komentar di Blogg saya yak ?? . Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.. Trimakasih sudah berkunjung di blog saya ya..

      Delete
  2. mantap artikelnya.. terus berkarya sob..

    ReplyDelete
  3. penjelasan yang cleas sangt
    thanks gan
    http://dasarbahasainggris.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. mampir di blog juragan...salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  5. Post yang bermanfaat gan.
    tapi blog ku blm dapat rank dari alexa soalnya baru lahir..
    hehehe

    kunbal ya gan strenght-of-the-world.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Halaman

Copyright © 2018 Irfan's Blog